gravatar

Listening Team ( Tim Pendengar )

Listening Team merupakan salah satu teknik pembelajaran aktif. Teknik ini juga termasuk kedalam bentuk pembelajaran Full Class Learning. Pada dasarnya, kegiatan atau teknik ini adalah sebuah cara yang dapat membantu peserta didik agar tetap terfokus dan siap siaga dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi. Dalam kegiatan ini, Listening Team membentuk kelompok-kelompok kecil yang bertanggung jawab menjelaskan materi pembelajaran, hampir sama dengan Model Jigsaw , namun dalam Listening Team disini tidak ada pertukaran anggota tim.

Berikut adalah prosedur menjalankan Listening Team.
  • 1. Bagi seluruh peserta didik menjadi minimal 4 Tim. Masing-masing tim mempunyai peran dan tugas masing-masing, tugas ini akan dijalankan ketika guru selesai memberikan ceramah. Sebenarnya teknik kali ini adalah mengubah sedikit dari metode Ceramah dan Tanya jawab. berikut tugas dan perannya 
  • a. Penanya, Tugasnya : Setelah pelajaran yang umumnya dipenuhi oleh kegiatan Ceramah, paling tidak penanya menyuguhkan 2 pertanyaan tentang apa yang baru saja mereka dengarkan. 
  • b. Orang Yang Setuju : Tugasnya : Menanyakan poin-poin mana yang mereka sepakati. ( seluruh anggota tim "Orang yang Setuju" ini harus memang benar-benar setuju terhadap poin yang akan mereka utarakan. Dan juga mereka harus mengatakan alasan "mengapa kami setuju
  • c. Orang Yang Tidak Setuju : Tugasnya : Sama tugasnya dengan tim "Orang Yang Setuju", hanya saja terhadap poin yang tidak mereka setujui.
  • d. Pemberi Contoh , tugasnya : memberikan contoh-contoh khusus atau aplikasi dari materi yang telah di ceramahakan oleh guru.
  • 2. Sampaikan pelajaran anda menggunakan metode yang anda inginkan.Setelah selesai beri waktu Tim untuk menyelesaikan tugas mereka masing - masing.
  • 3. Mintalah peserta didik untuk melakukan hal sesuai dengan tugasnya tersebut, tim penanya bertanya, begitu juga tim yang lainnya. Berikan tanggapan anda, dengan terlebih dahulu menanyakan tanggapa tim yang lainnya. Ini akan memacu proses interaksi kelas anda.
Buatlah peran-peran yang lainnya, atau buat nama kelompok yang unik untuk setiap peran mereka. Tantanglah peserta didik untuk bertukar fungsi secara mendadak setelah anda menyelesaikan kegiatan diatas.

ClinkBank Search

Gunakan tab ini untuk mendapatkan informasi detil berkaitan dengan ClickBank

Buku tamu