gravatar

Pendaftaran Siswa Baru: Sebuah Renungan terhadap kecurangan yang ada

Setelah disibukkan dengan ujian nasional, siswa akan disibukkan lagi dengan pendaftaran masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Banyak mitos yang  menjadi rebutan para siswa saat mau melakukan pendaftaran. Sekolah favorit, itu biasa yang menjadi pertimbangan mereka. Bahkan keinginan untuk bisa masuk di sekolah favorit itu telah menjadi harapan yang menimbulkan ketakutan pada diri mereka sehingga berbagai les pun mereka ikut.


Hal yang lebih tragis ternyata, pendaftaran di beberapa sekolah favorit pun tak lepas dari kecurangan. Beberapa kecurangan yang terjadi saat pendaftaran siswa baru. Kecurangan dalam pendaftaran siswa baru itu bisa berupa sudah adanya kursi khusus yang disediakan bagi siswa yang bisa membayar uang jaminan, walaupun syarat pertama yaitu nilai yang bagus menjadi pertimbangan, tetapi dengan adanya kecurangan ini siswa yang nilainya lebih rendah terkadang dinomersatukan kalau ia siap membayar dibanding dengan siswa yang mempunyai nilai di atasnya.
Kecurangan saat pendaftaran siswa baru juga bisa berupa kuatnya negosiasi antara calon wali siswa dengan pihak sekolah. Hal ini diperparah lagi ketika memang calon wali murid mempunyai hubungan yang dekat dengan penyelenggara di sekolah favorit tersebut.
Kecurangan-kecuranga itu tentu saja menjadi citra jelek saat pendaftaran siswa baru. Dan ini sangat merugikan siswa yang memang sebenarnya layak masuk ke sekolah favorit tersebut, tetapi karena tidak ada lobi dan biaya yang mampu mengalahkan kuatnya lobi akhirnya dia harus terdepak dari pendaftar yang diterima.
Hal lain yang perlu diusahakan saat pendaftaran siswa baru adalah kejujuran dan tanggung jawab pendidikan. Bagaimanapun, guru adalah sebuah profesi yang seharusnya layak digugu dan ditiru. Kelayakan digugu dan ditiru ini tidak hanya sekedar pada persoalan-persoalan tatkala dia mengajar tetapi saat pendaftaran siswa barupun harus sudah dimulai tanggung jawab tersebut.

Bagaimana pun pendaftaran siswa baru merupakan kegiatan tahunan yang sakral yang memang harus ditingkatkan mutunya. Karena dari pendaftaran inilah nantinya akan menjadi awal proses pendidikan selanjutnya.

Satu hal yang sangat ironi jika guru sebagai pelaku pendidikan yang seharusnya digugu dan ditiru justru menjadi manusia pertama yang melakukan kecurangan terhadap calon peserta didiknya, yakni saat pendaftran siswa baru.

ClinkBank Search

Gunakan tab ini untuk mendapatkan informasi detil berkaitan dengan ClickBank

Buku tamu